Pilihan

Minggu, 10 April 2011

SEJARAH HIDUP DAN LUKA BATIN

Suatu saat dalam salah satu fase Program MAGiS (Program Pendalaman Spiritualitas Ignasian) yang saya ikuti beberapa tahun silam. Dalam bagian program kami diminta menuliskan sejarah hidup masing-masing. Secara sederhana, tiap-tiap kami diminta menulis pengalaman hidup sejak usia kanak-kanak hingga kini, sejauh ingatan. Saya mengerjakannya dengan lumayan baik, kendati ingatan soal waktu tidak dapat secara jelas saya uraikan. Seolah seperti menulis miniotobiografi.

Ketika dalam suatu sesi saya ditanyakan mengenai sejarah hidup saya, dengan tersenyum bangga karena telah menyelesaikan tugas, saya mengatakan hidup saya baik-baik saja. Pertanyaan yang sama diulang dan saya masih menjawab dengan jawaban yang sama, hidup saya baik-baik saja. Lantas saya diminta untuk membaca ulang sejarah hidup saya dengan merasakan secara sadar tiap-tiap pengalaman dalam kisah tersebut. Pada bagian tertentu dalam sejarah hidup yang saya tulis dan baca kembali dengan sadar, saya tertegun dan merasakan bagian dalam diri seperti tertarik ke dalam satu kalimat di sejarah hidup tersebut. Saat, pertanyaan yang sama oleh pendamping rohani diajukan sambil menatap dalam ke arah mata saya, tak sadar air mata saya jatuh.

Ternyata setelah melewati proses sharing dalam pendampingan saya sadar bahwa pada bagian sejarah tersebut, ada yang tidak tuntas dalam hidup saya. Saya tidak menyadarinya selama itu, hingga akhirnya dalam kesempatan program tersebut saya mengenali istilah luka batin. Secara umum Luka batin adalah sebuah peristiwa atau pengalaman yang sangat mengguncang atau menyedihkan sehingga melukai perasaan/batin kita. Peristiwa atau pengalaman ini dapat menciptakan trauma yang membekas dan melekat sampai ke batin yang paling dalam.

Melalui Program Magis saya mengenali luka batin saya dan mencoba menyembuhkannya melalui olah diri dan hati. Fase-fase berat yang tidak bisa saya lupakan indahnya. Demikian membekas hingga saya mensyukuri proses tersebut yang tidak semua orang memiliki kesempatan mendapatkannya. Hari-hari ini setelah mengingat kembali pertama kali saya menemukan luka tersebut, sedikit demi sedikit hidup saya kian membaik dari dalam, bukan dari luar diri saya. Saya menemukan betapa sekarang luka tersebut perlahan disembuhkan oleh penerimaan dan kesediaan berdamai dengan masa lalu. Hari-hari ini setelah sekian tahun, saya menikmati buah-buahnya yang kian matang dan berasa manis.

Demikianlah setiap orang pada akhirnya memiliki sejarah hidupnya masing-masing. Tiap-tiap sejarah kita tidak menutup kemungkinan adanya bagian luka yang sama seperti yang saya miliki. Kesadaran kita yang mampu mengantar dan membawa penyembuhan. Sebab kesadaran sebagaimana lazimnya hanya dapat kita pahami sebesar kurang dari 20% dari kesadaran yang seutuhnya. Sekadar contoh saat kita tertawa, seberapa kita sadar alasan MENGAPA KITA TERTAWA. Biasanya yang terjadi kita tertawa dan yang hanya bisa kita sadari adalah bahwa kita gembira. Jarang kita sampai pada titik mula kegembiraan dan tawa. Apalagi sampai pada titik akhirnya yakni syukur.

Maka mengingat kesadaran lapis luar kita begitu terbatas, kerap kali kita kurang menaruh perhatian pada kondisi kita saat ini yang sebenarnya berada pada satu garis rantai dengan masa lalu kita. Sejarah hidup menyatukan mata rantai yang ada dan kesadaran yang baik membantu kita mengenali mata rantai persoalan kita di masa lalu. Dengan mengenalinya kita dapat kembali ke bagian mata rantai pengalaman tersebut yang potensial menyimpan luka batin. Kembali menatap pengalaman tersebut dan menangisinya untuk sejenak sambil mengulurkan kesadaran dan menerimanya. Menerimanya sebagai bagian dari hidup kita dan mencoba berdamai dengannya.

Pada fase demikian, menerima apa adanya diri kita memiliki daya dorong untuk kita menjadi pribadi yang lebih utuh. Pribadi yang berani melangkah menuju masa depan sambil belajar dari olah pengalaman kita di masa lalu. Memandang hidup dengan lebih baik dan penuh syukur.

Bila kita memiliki sejarah hidup masing-masing, maka barangkali disana pun ada luka batin yang terpendam dalam sekali dibawah alam sadar kita. Setiap mereka yang mengerti dan berani mengolahnya, dapat memetik buahnya untuk kehidupan yang lebih baik. Be MAGiS!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar